Sabtu, 09 Maret 2013

Langkah Mudah Menjadikan Blog Terindeks Di Google

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Mungkin bagi anda pemilik Blog baru akan cukup stress mengetahui bahwa Blog anda belum juga terindeks di Google setelah lewat beberapa hari. Padahal sudah search dengan keyword yang paling tepat, sudah daftar Google Add Url berkali-kali, Artikel sudah cukup banyak, tapi kenapa tidak muncul juga di Google?

Memang sekarang ini setelah melakukan analisa berbagai tips, terlihat adanya perubahan format dari Blog yang baru dibuat sekarang dengan yang sudah lama. Makanya bagi Blogger newbie membuat Blog-nya terindeks di Google tidak semudah melakukan tips-tips yang telah disarankan para Blogger lama karena rata-rata langkah-langkahnya sudah tidak sesuai dengan format Blogging yang sekarang tersedia.

Dan kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar Blog baru yang anda buat dapat segera terindeks di Google berdasarkan pengalaman saya sendiri yang telah mencoba berbagai langkah dan Alhamdulillah berhasil, setidaknya keyword yang paling khusus dari Blog saya terdeteksi Google di rank teratas jika di-search. Berikut ini langkah-langkah mudahnya dan pastikan anda sudah Sign In ke Blog anda melalui akun Gmail.

1. Daftarkan Blog di Google Add Url

Ini adalah langkah yang paling pertama, mungkin anda sudah mencoba dan awalnya merasa tidak memberikan efek sama sekali. Tapi bagaimanapun langkah pertama yang saya lakukan adalah hal ini dan mungkin saja jika tidak dilakukan maka langkah selanjutnya juga tidak berguna.

• Kunjungi Google Add Url.
• Masukkan URL Blog anda dan ketik kode yang ditampilkan.
• Klik "Submit Request".


Jika sudah muncul tulisan "Your request has been received and will be processed shortly." itu berarti prosesnya telah selesai.

2. Submit Sitemap Blog di Google Webmaster

Fungsi Sitemap adalah untuk menginformasikan url-url yang berada di Blog kita agar lebih mudah di crawl dan dijelajahi oleh para tools atau robot-robot search engine serta akan memudahkan pengunjung mencari artikel yang dibutuhkannya. Selain itu, pembuatan dari Sitemap ini secara tidak langsung akan manambah nilai SEO Optimization di Blog kita agar lebih cepat terindeks.

• Kunjungi Google webmaster.
• Klik Blog anda yang akan di Submit.

• Klik tombol "Sitemap" dibagian kanan.

• Klik tombol "Add/Tests Sitemap" kemudian masukkan tulisan "feeds/posts/default" pada kotak lalu klik "Submit Sitemap".


Jika Sitemaps Content sudah terisi sesuai dengan jumlah Post Blog berarti prosesnya telah sukses.

3. Submit Blog di Google Feedburner

Fungsi Feedburner adalah sebagai layanan gratis dari Google untuk membantu pemilik Blog seperti kita dalam mengelola dan menganalisis statistik pelanggan artikel Blog-blog kita. Fungsi yang paling saya ketahui dari Feeburner adalah agar para pengunjung dapat dengan mudah berlangganan Blog kita dengan salah satu fitur Email Subcription, fasilitas untuk memasang subcription pada Blog jika menghendaki agar pengunjung Blog bisa berlangganan dengan posting yang ada, ini bisa menjadi feed back bagi Blog kita. So, hal ini membuat adanya pengunjung tetap di Blog kita sehingga traffic dan statistik terus bertambah.

• Kunjungi Google Feedburner.
• Masukan URL Blog yang akan disubmit lalu klik "Next".
• klik "SmartFeed" lalu klik "Active".
• Copas script RSS Fed yang tersedia kemudian pasang pada salah satu Gadget Blog.

Catatan:
• Karena sebelumnya telah dikatakan bahwa format Blogging sekarang ini sedikit ada perubahan dari yang lama, maka ada juga perubahan frekuensi Blog terindeks di Google.
• Post atau Artikel baru yang anda buat mungkin butuh waktu setidaknya 1X24 Jam sebelum muncul di Indeks Google, menurut pengalaman pribadi tidak ada yang hitungan menit.
• Untuk melihat apakah tips ini berhasil, coba gunakan judul artikel lama anda menjadi keyword di search Google dan tambahkan tanda kutip agar pencarian lebih spesifik, jika artikel anda muncul berarti sukses dan anda tinggal menunggu atau mempromosikan Blog atau Artikel anda tersebut diberbagai tempat agar suatu saat menjadi rank teratas di Search Engine Google.

Demikian sedikit tips dari saya, Insya Allah bisa membantu bagi anda para Blogger newbie. Wassalam..

4 komentar:

  1. makasig gan informasinya ..
    bermanfaat sekali
    follow blog saya ya gan http://taufikismail38.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama sob, jangan lupa follback yah..

      Hapus

Assalamu'alaikum Sahabat Blogger! Sebelum berkomentar bacalah ketentuan berikut ini:
✓ Berikanlah komentar yang sopan dan relevan
✓ Berikanlah komentar yang sesuai dan berkorelasi dengan materi artikel
✓ Dilarang memasukkan komentar dengan link aktif
✓ Dilarang memasukkan komentar Follow/Follback bukan pada tempatnya. Jika ingin saling Follow/Follback masuk KESINI
Terima kasih dan semoga hari anda menyenangkan!