Selasa, 05 Maret 2013

Stop Segera Dari Resiko Mematikan Rokok

MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN

Begitulah kira-kira bunyi dari peringatan yang tercantum dalam setiap kemasan Rokok mereka apapun. Rokok, benda kecil berbentuk silinder yang sering menempel di mulut para orang tua, remaja, bahkan sampai merambah kekalangan anak-anak balita, telah menjadi salah satu kegemaran mayoritas masyarakat Indonesia. Tanpa mengubris peringatan kematian yang tertera dengan jelas dalam kemasan dan iklan dari Rokok itu sendiri, justru banyak orang lebih memilih menghabiskan uang dan waktu senggangnya dengan mengisap Rokok yang jelas mengancam keselamatan fisik.

Aneh memang melihat fenomena Rokok dan Perokok dewasa ini, entah hanya sekedar ingin di anggap sebagai anak gaul atau mungkin sudah menjadi kebutuhan pribadi. Padahal jujur saja merokok tidak mencerminkan pergaulan kecuali pergaulan yang buruk, berdasarkan survei 90% cewek tidak menyukai cowok perokok. Dan lagi merokok justru semakin menipiskan kebutuhan dan keuangan kita yang mungkin bisa digunakan untuk hal yang lebih berguna dan menyehatkan.

Yang jelas apapun alasannya, kita harus sejak dini mengindari rokok tersebut, sebab efek dari asap rokok dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang berat dan bisa membawa kita kepada kematian, tidak terkecuali orang-orang disekitar para perokok yang disitilahkan dengan "Perokok Pasif". Intinya dengan merokok maka anda merugikan hampir semua kalangan kecuali bos dari perusahaan rokok yang mana mereka adalah para pemegang keuangan terbesar di Indonesia.

Tidak boleh dielakkan bahwa rokok adalah bencana bagi kesehatan dan kehidupan secara umum. Jika anda seorang remaja yang saat ini masih menikmati asap abu-abu dari racun silinder ini, maka tanamkanlah kesadaran kepada diri anda bagaimana masa kedepannya apakah lidah anda akan masih bisa merasakan nikmat dari pekatnya asap rokok tersebut dan apakah paru-paru anda masih sanggup menerima beban dari polusi oksigen ini?

Penyakit Yang Ditimbulkan Oleh Rokok

1. Kanker Paru
Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

2. Kanker Kandung Kemih
Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

3. Kanker Payudara
Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

4. Kanker Serviks
Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.

5. Kanker Kerongkongan
Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

6. Kanker Pencernaan
Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

7. Kanker Ginjal
Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

8. Kanker Mulut
Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

9. Kanker Tenggorokan
Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.

10. Serangan Jantung
Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

11. Penyakit Jantung Koroner (PJK)
Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

12. Aterosklerosis Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

13. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

14. Impotensi
Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

15. Gangguan medis lainnya
Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

Merokok Mengurangi Umur 10 Tahun

Merokok sekurang-kurangnya akan mengurangi umur seseorang 10 tahun, dan hasil penelitian baru menemukan bahwa seseorang yang berhenti merokok sebelum umur 40 tahun setidaknya hampir bisa menambah kembali umur potensial yang hilang tersebut.

Kepala Peneliti Profesor Prabhat Jha, Universitas Toronto, mengatakan: "Dengan berhenti merokok sebelum umur 40 tahun, akan lebih baik untuk mendapatkan kembali hampir semua umur yang telah hilang dari 40 tahun masa merokok sebelumnya.", demikian diberitakan The Telegraph, Jum'at (25/1).

Tetapi tidak dikatakan bahwa merokok sampai umur 40 tahun itu aman dan kemudian berhenti. Mantan perokok masih memiliki resiko besar mengalami kematian kesehatan lebih cepat daripada orang yang tidak pernah merokok. Tetapi resikonya masih lebih kecil dibandingkan bagi mereka yang melanjutkan merokok dan memiliki resiko kematian segera sangat besar.

Penelitian ini menemukan bahwa orang yang berhenti merokok antara usia 35 sampai 44 tahun dapat menambah umur atau kesehatannya sekitar 9 tahun dan yang berhenti merokok antara 45-54 dan 55-64 dapat menambah usia 6 tahun dan 4 tahun hidup, berturut-turut.

Wanita dan pria yang merokok keduanya akan kehilangan satu dekade dari hidupnya. Sekarang Pria dan wanita perokok usia antara 25 sampai 79 memiliki angka kematian (mortality rate) tiga kali lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak pernah merokok.

Studi ini menambah bukti baru dari Inggris Raya, Japan dan USA bahwa merokok akan menghilangan sekitar satu dekade hidup di seluruh dunia. Sekitar 30 juta usia remaja di seluruh dunia mulai merokok setiap tahunnya dan kebanyakan tidak berhenti.

Bahaya Rokok Bagi Daya Nalar

Menurut hasil penelitian oleh King's College London, merokok bisa "membusukkan" otak dengan merusak memori, kemampuan belajar dan daya nalar. Subjek penelitian dilakukan terhadap 8.800 orang dengan rentan usia berkisar 50 tahun keatas yang mengalami tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa rokok juga mempengaruhi otak, meskipun dalam tingkat yang lebih rendah.

Bahaya rokok terhadap otak juga dikuatkan pendapat Komunitas Alzheimer yang mengatakan: "Kami semua tahu, merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kelebihan berat badan adalah buruk untuk jantung. Penelitian ini menambah bukti bahwa mereka juga berpengaruh buruk untuk otak kita juga."

Jauhi Perokok Disekitar Anda

Selain alasan-alasan bahaya rokok bagi perokok aktif yang telah dikemukakan, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Public Health, menunjukan hasil yang cukup mencengangkan.

Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa terdapat 42.000 perokok pasif yang meninggal setiap tahunnya, dari korban tersebut 900 diantaranya adalah bayi. Tidak berhenti sampai disitu, ada kemungkinan 600.000 orang lainya berpotensi meninggal. Kerugian materi pun meningkat sekitar 6,6 miliar USD akibat berkurangnya produktifitas SDM yang merokok.

Survey yang dilakukan oleh lembaga Gallup menunjukan bahwa para perokok aktif dan non-perokok (perokok pasif) sepertinya tidak menyadari bahaya rokok tersebut.

Agar mendapatkan hasil yang akurat para peneliti tersebut memeriksa penanda toksin dari rokok dalam tubuh, yang disebut Cotinine. Para peneliti tersebut mengukur kadar cotinine dalam darah orang yang meninggal akibat rokok dan mendapati bahwa penyebab kematian paling tinggi lebih diakibatkan oleh dampak rokok terhadap paru-paru dibandingkan pada jantung.

Berhenti Merokok Bukan Hal Mustahil

Tidak dapat dipungkiri bahwa bagi para perokok yang sudah kecanduan berbulan-bulan, berhenti merokok adalah hal yang begitu sulit. Mungkin hati menginginkan untuk berhenti, namun tidak dapat dilawan dengan keinginan tubuh yang ingin terus lanjut, tapi tidak ada yang mustahil jika waktu belum terlambat selagi masih ingin mencoba. Inilah sedikit tips dari saya agar anda para perokok mulai mempertimbangkan awal untuk hidup lebih sehat kedepannya.

1. Tanamkan niat yang kuat untuk berhenti merokok.
Niat adalah dasar untuk mengawali sesuatu. Itu artinya niat berhenti merokok dalam diri anda tidak boleh setengah-setengah. Usahakan jauhi hal yang berhubungan dengan rokok, tolak orang yang berbasa-basi dengan menawari rokok ke anda, dan hilangkan keinginan untuk mencoba merokok hari ini.

2. Seringlah mengunyah permen karet.
Kandungan manis dari permen karet dapat mengalihkan lidah anda dari rasa asam untuk merokok. So, daripada menyiapkan kemasan rokok dalam saku anda, lebih baik diganti dengan lima buah permen karet.

3. Bergaul dengan orang yang bukan perokok.
Sering-seringlah bersama dan mengobrol dengan teman yang bukan perokok. Selain menghindari keinginan untuk merokok, juga menghindari diri dari efek menjadi perokok pasif. Pergaulan dan lingkungan adalah hal utama yang mempengaruhi orang merokok, dan begitu juga pergaulan dan lingkunganlah yang bisa mempengaruhi orang untuk berhenti merokok.

4. Konsultasi dengan dokter.
Jika anda merasa usaha sendiri yang anda lakukan selama ini untuk berhenti merokok sia-sia, maka jalan terbaik adalah konsultasi dengan dokter yang ahli. Ingatlah kesehatan itu sangat mahal harganya.

Dr. Jha mengatakan bahwa memberlakukan pajak tinggi merupakan satu langkah sangat efektif untuk menghentikan dan mencegah anak-anak dari memulai merokok. Demikian penjabaran singkat mengenai Rokok dan bahayanya yang semoga dapat memotivasi kaula muda untuk menjauhi setiap batangan dari racun pengancam jiwa yang disebut dengan rokok. Stop Smoking! Stay away from Smoke!

3 komentar:

  1. Memang Rokok cuma ngabisin duit dan umur, alhamdulillah ane gak ngerokok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah benar banget ... :D

      Hapus
  2. alhamdullilah ane nggak ngerokok

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Sahabat Blogger! Sebelum berkomentar bacalah ketentuan berikut ini:
✓ Berikanlah komentar yang sopan dan relevan
✓ Berikanlah komentar yang sesuai dan berkorelasi dengan materi artikel
✓ Dilarang memasukkan komentar dengan link aktif
✓ Dilarang memasukkan komentar Follow/Follback bukan pada tempatnya. Jika ingin saling Follow/Follback masuk KESINI
Terima kasih dan semoga hari anda menyenangkan!