Selasa, 28 Mei 2013

Kalangan Artis Berlomba Mendukung Fatin Shidqia Lubis

Popularitas Fatin Shidqia Lubis (16) dikalangan penikmat musik sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Dimulai dari seragam SMA saat memasuki audisi ajang menyanyi yang tengah mendunia pertamakali di Indonesia, karakter vokal yang kuat dan unik mampu menjadikan Fatin mendapatkan Yes! dari ke-4 juri tanpa perlu bersusah payah melakukan koreografi atau teknik nada tinggi, melainkan hanya dengan bekal vokal alami yang beda dan menarik. "Amazing!", "Ahmad Dhani suka suara kamu!", "Kamu harus ada di tim saya!" demikianlah beberapa kicauan juri saat itu dan Fatin hanya menimpali dengan sikap malu dan be your self.

Tentu saja, semenjak saat itu popularitas Fatin pun meledak dimana-mana dan menyusul terbentuknya komunitas Fatinistic yang menyebar diberbagai media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, YouTube, Google+, sampai Kompasiana dll memiliki komunitas masing-masing dimana para membernya terus aktif saling berbagi dan menjalin tali silaturahmi satu sama lain. Dari segi popularitas Fatin jauh melesat dibandingkan kontestan lain. Mungkin saja fenomena ini bisa dibilang hanya terjadi pada Fatin saat ini.

Tidak sampai penikmat musik dan pendengar awam dari masyarakat biasa, para artis juga turut berlomba memberikan dukungan untuk Fatin Shidqia Lubis dengan berbagai alasan tertentu. Mulai dari Kaka Slank, Ariel Noah, Ryan D'masiv, Faank Wali, Gavet Hello, Afgan, Judika, Kevin Aprilio, Melly Goeslow, Melanie Ricardo dll sampai dengan artis diluar dunia musik seperti Chef Arnold dan Rachel Maryam. Artis luar negeri yang pernah diundang di XFI, Lenka pun juga memberi suara untuk Fatin selain kepada Shena dan Mikha. Hampir disetiap Gala Show ada saja artis yang berkicau dalam Tweet mereka memberikan dukungan kepada gadis 16 tahun pelantun 'Aku Memilih Setia' ini.


Contohnya saja Tweet baru-baru ini dari Melly Goeslaw, salah satu penyanyi terbesar di Indonesia yang menyuruh followernya mendukung Fatin.

    @melly_goeslaw @mynameisrossa ntar wengi fatin nyanyi lagu apa ? Penasaran nih...,ayoooo tweeps kita sms buat fatin yuuuuuk
    @melly_goeslaw Sms yuuuuk buat anaknya sahabatku @mynameisrossa. Kirim sms fatin ke 9288
Tidak ketinggalan Afgan yang sebelumnya di Gala Show sudah dengan jujur mengakui diri sebagai Fatinistic dan sangat ingin berduet dengan Fatin diatas panggung pun turut memberi support dalam akun Twitternya.

    @afgansyah_reza Thanks for watching me on X Factor. Don't forget to show your support for Fatin. Goodnight @afgannisme!:)
Bahkan bintang baru di Master Chef Indonesia, Arnold Poernomo, juga tidak henti-hentinya terus menyemangati Fatin dalam akun Twitternya mulai dari perkataan Go Fatin dan hastag #voteforfatin terus digencarkan demi idola baru di X-Factor Indonesia.

    @ArnoldPoernomo @FatinSL good luck for tonight!!! Final's around the corner! Anywya udh top 3! pic.twitter.com/TXBsGsPVkZ
    @ArnoldPoernomo @FatinSL @XFactor_ID go fatin go fatin! #voteforfatin
    @ArnoldPoernomo Good music should move your bones!! And gives you goosebumps @XFactor_ID @FatinSL
Diluar sekedar kicauan artis dalam akun Twitter mereka, artis lain pun turur memberikan dukungan baik secara live maupun dalam wawancara. Rachel Maryam contohnya, mantan artis senior yang sekarang berkecimpung didunia politik berkata, "Saya ikut bangga ada anak bangsa yg memiliki bakat yang luar biasa seperti Fatin. Yang seperti ini tentu harus kita dukung yaa. Anaknya manis, suaranya khas dan luar biasa, dan peluangnya menang sangat besar laah, Insya Allah," terang Rachel Maryam, di Jakarta, Sabtu (02/03). Selain itu Rachel Maryam juga turut berpesan kepada Fatin, "Ya sarannya just be her self aja. Gausah berubah. Kita sudah suka sama dia yang apa adanya," pinta Rachel.

Ariel Noah juga berterus terang memberikan dukungan kepada Fatin sewaktu ditanya di panggung XFI dengan alasan suara Fatin memiliki warna vokal sendiri. Sama seperti dengan para personil Slank yang juga mendukung "the girl with the jilbab" dan memberi pesan kepada Fatin agar jangan melepas jilbabnya. Ryan D'masiv pelantun 'Cinta Ini Membunuhku' pun turut bersuara untuk Fatin, "Fatin itu ajaib banget, karakter suaranya keren banget," terang Ryan yang merupakan salah seorang vokalis sukses ditanah air ini. Artis lain yang juga menjagokan Fatin termasuk Gavet Hello pencipta lagu 'Dua Cincin' yang beralasan Fatin itu sangat unik pasalnya penampilannya sangat Indonesia tapi suaranya justru kebulean tanpa dibuat-buat. Beda lagi dengan Kevin Aprilio pemilik band Vierra sampai berkata merinding dengar suara Fatin, lanjutnya Kevin menambahkan bahwa dia tidak sanggup mengelola vokal Fatin yang jago seperti itu, dan lebih menyerahkan ke Ahmad Dhani jika ditawari memproduseri Fatin.

Seperti belum cukup, Fatin yang meledak oleh Grenade milik Bruno Mars ini juga dipuji George Levendis melalui akun Facebook dan twitternya @HellasGL, saat menyanyikan lagu Grenade dan Diamond. George menulis : "Fatin making an impact in XF Indonesia!". George Levendis adalah sahabat Simon Cowell (Pendiri ajang X-Factor). George juga seorang eksekutif di perusahaan rekaman dan Syco TV, yang merupakan milik bersama antara Simon Cowell dan Sony Music Entertainment. Belum lagi video Fatin juga terus terpantau dalam situs gotalent.tv termasuk FanPage Facebook Gotalen.tv yang juga ikut menshare perform Fatin di Gala XFI, makin menegaskan bahwa admin situs tersebutlah yang telah mengunggah perform Fatin selama di atas panggung. Video Fatin juga menjadi most popular di situs Amerika current.com, menariknya video itu di-upload oleh user yang berasal dari Amerika. Di Chart iTunes, Fatin juga terus merajai urutan satu lagu yang paling banyak di unduh di Indonesia, termasuk single perdananya yang tidak bergeming ditahta Chart iTunes.

Tentu saja fenomena ini bisa dibilang lebih dari menakjubkan untuk seorang yang baru berkecimpung didunia musik dengan usia yang masih sangat muda. Fenomenalnya seorang penyanyi baru seperti ini mungkin hanya terjadi 100 tahun sekali sama seperti vokal Fatin yang menurut Bebi Romeo harus ada 100 tahun sekali untuk mengingat bahwa ini adalah vokal langka yang jauh dari pasaran. Dan sudah dipastikan bahwa Faktor X pertama yang dimiliki Fatin ada pada vokal suaranya yang unik dan menakjubkan bagi pendengar.

Meskipun dukungan terus mengalir untuk Fatin dari berbagai kalangan, namun tidak sedikit juga haters yang lebih kepada fans Novita Dewi (34) terus mem-bully Fatin dengan ocehan kasar jauh dari kritik bermakna. Terkadang setiap Fatin melakukan sedikit kesalahan diatas panggung entah disengaja atau tidak, maka haters pun akan bersuara. Ya, Fatin memang tidak sempurna, tidak ada satupun penyanyi yang sempurna, yang ada penyanyi yang terus belajar berkarya. Keselahan tempo hari dimana Fatin melakukan kegagalan lirik disatu lagu tentu dapat ditebus dengan perform maksimal berikutnya, sama seperti Novita Dewi yang memiliki kegagalan lebih dari satu album tapi akhirnya dapat tertebus setelah belasan tahun.

Dan lagi harus diakui, bahwa Faktor X yang dimiliki Fatin sangat besar dibandingkan kontestan lain, karakter vokal dunia yang alami dan merupakan anugerah Tuhan tanpa perlu teknik pengalaman dalam bernyanyi adalah yang pertama, dan selanjutnya tergantung selera penikmat show. Mungkin banyak yang menyukai Fatin karena dia menjadi icon fashion Muslimah berjilbab yang perlu diapresiasi kehadirannya didunia musik agar dapat menjadi contoh yang baik bagi anak muda jaman sekarang, lantas apakah itu salah? Jelas tidak, bukankah bintang hebat itu adalah yang dapat dikagumi baik secara audio maupun visual? Jika beredar rumor bahwa Fatin banyak dikagumi karena style jilbaber dan fashion Indonesia-nya (dan memang begitu terbukti Anggun mengkonfirmasi sendiri dari wartawan Perancis) dengan mengabaikan karakter suaranya, maka disinilah kehebatan dan kelebihan Fatin lagi bahwa ternyata bintang penyanyi sebelumnya tidak ada yang benar-benar dikagumi style dan fashionnya, hanya Fatin seorang saat ini yang menjadi sorotan utama. Dan inilah Fatin dengan sikap diri sendirinya menjadi icon X-Factor Indonesia sejati.

Dan pada akhirnya, jika ditanya apakah Fatin Shidqia Lubis pantas menjadi juara di X-Factor Indonesia ini? Maka dengan sangat bangga penulis dan para Fatinistic sejati akan bergandengan tangan dipenuhi keyakininan tinggi bahwa hanya Fatin lah yang mungkin paling berhak menjadi pemenang di X-Factor Indonesia season pertama ini. Karena Fatin-lah icon X-Factor itu dan X-Factor itu adalah Fatin. Inilah konteks ajangnya sebagai penampil bintang baru yang memiliki karakter baru dari segala sisi, bintang baru yang new & fresh, bukan penampil vokal meliuk-liuk dengan segudang pengalaman. Perbedaan Fatin dan kontestan lain terutama yang tersisa bisa dikatakan yaitu, kontestan lain mungkin diapresiasi hanya karena vokalnya saja, tapi Fatin diapresiasi masyarakat Indonesia bukan hanya karena vokal, tapi dari segudang sisi yang memang sangat banyak yang bisa diapresiasi dari Fatin. Dan inilah X-Factor itu yang tidak hanya dapat membuat telinga menari kegirangan, tetapi juga membuat jutaan mata memukau. Dan hal ini dapat menjadi pelajaran untuk para audisioner ataupun juri XFI season mendatang.

Akhir kata, penulis sebagai Fatinistic menghimbau kepada semua elemen masyarakat untuk terus bangga terhadap anak bangsa yang ingin berkarya dan memajukan musikalitas Indonesia. Juga terkhusus untuk haters agar menyampingkan sentimen pribadi dan melihat dari kacamata berbeda bahwa jebolan ajang pencarian seperti X-Factor Indonesia ini pada akhirnya tidak hanya mengeluarkan satu bintang baru, tapi belasan bintang baru yang semoga dapat menghibur kita terus para penikmat musik tanah air yang memiliki selera dan genre telinga yang berbeda.

Dan pesan utama adalah kepada para Fatinistic semua agar senantiasa memberikan dukungan kepada Fatin melalui vote SMS untuk menjadi juara, tapi ingat juga SMS itu yang paling penting namun yang paling utama adalah DOA. So, mari terus berdoa agar Fatin senantiasa dapat menampilkan perform yang maksimal diatas panggung dan turut mendoakan kesuksesannya agar eksistensinya tidak hilang dihati kita. Karena bagi kita, Fatin adalah X-Factor dan Fatinistic adalah F-Factor. [@Fajrin_NearL]



Resource: indonesiarayanews.com, kompasiana.com, okezone.com, kapanlagi.com, gotalent.tv

20 komentar:

  1. weew.. saya juga ndukung banget ama si fatin.
    Imutnya itu loh.
    makanya saya juga bikin postingan tentang artis.. tapi cuma fatin.

    BalasHapus
  2. wow, artikel yg menarik. fatin foyah

    BalasHapus
  3. tulisannya bagus dahsyattt... :D suka suka

    BalasHapus
  4. uda tidak diragukan lagi soal fatin.......... orang amrik ama perancis aja suka ama fatin........... masak kita sebagai orang indonesia ga suka... ama fatin........ keliru donk......

    BalasHapus
  5. enak di bacax ga bosenin ;)... lanjut gan.
    burung birux lucu tp ngselin.. coz ganguiin ane lg baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thnkz sob! ...
      Tuh burung klo ganggu usir aja sob, di scroll aja dikit ... :-D

      Hapus
  6. Pertama x liat fatin d youtube,q langsung jth hati pada semua yg ada di fatin,d bela"in streaming RCTI lbih awal tiap mlm sabtu..maklum gk berada di negri sendiri...
    DoaQ selalu menyertai langkah fatin..Mg menjadi the winner..Amin y robb
    Datang ke hongkong dunx,tin..Salam foyahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Fatin memang fenomenal, jujur aja aku gak pernah ngikutin ajang seperti ini sebelum'ny sampai selesai apalagi ikutan nge-vote sampai akhir'ny bertemu dengan Fatin! ... :-D

      Sukses juga yo sob karir dan kerja'ny disana! #Salam foyaah!

      Hapus
  7. kayaknya fatin memang menjadi kandidat kuat untuk juara xfactor. Suaranya unik, cman koreonya aja yg kaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, karna malu malunya masih banyak. tapi perkembangannya pesat

      Hapus
  8. Fatin memang in the best ;))) imut and suaranya okey ..little girl good luck ..

    BalasHapus
  9. saya biasa aja tuh liat fatin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tidak untuk kalangan artis, anda kalangan artis bukan? :-D

      Tidak juga untuk Simmon Cowell pendiri X-Factor dan pemilik Gotalent.tv, klik Gotalent.tv

      Hapus
  10. thnks infonya jangan lupa kunjungi ; SUDJANA SOFTWARE
    untuk download software|Games

    BalasHapus
  11. banyak banget supporternya ya, sampai-sampai seleb juga ikut support.

    BalasHapus
  12. Kok bisa begitu ya ?, aku juga heran, tiap baca ulasan tentang Fatin, merinding rasanya

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Sahabat Blogger! Sebelum berkomentar bacalah ketentuan berikut ini:
✓ Berikanlah komentar yang sopan dan relevan
✓ Berikanlah komentar yang sesuai dan berkorelasi dengan materi artikel
✓ Dilarang memasukkan komentar dengan link aktif
✓ Dilarang memasukkan komentar Follow/Follback bukan pada tempatnya. Jika ingin saling Follow/Follback masuk KESINI
Terima kasih dan semoga hari anda menyenangkan!