Minggu, 03 Maret 2013

Prediksi Kehidupan Masa Depan Yang Belum Terjadi

Hampir setiap zaman berganti maka teknologi semakin berkembang, penemuan semakin maju, dan inovasi baru dalam bidang Elektronika semakin terwujud. Terkadang kita lupa bahwa pada zaman sebelum kita, Komputer, TV, Mobil, dll adalah benda yang tidak pernah ada dan terpikirkan orang pada masanya. Tetapi sekarang kita yang hidup di zaman sekarang ini, tanpa mengetahui bentuk rancangan dan cara kerja dari nol benda-benda elektronik tersebut, telah membiasakan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan jauh dari pertanyaan bahwa benda ini dimulai dari ketiadaan.

Inilah bentuk nyata dari adanya kehidupan masa depan dengan teknologi yang berbeda, namun dibalik itu semua masa depan juga dekat dengan bencana dan akhir dari umur dunia. So, apakah teknologi akan terus berkembang atau ada masa kemajuan teknologi tersebut telah mencapai final sampai menjelang hari akhir?

1. Kehidupan Masa Depan
Jika anda penikmat film fiksi ilmiah tentang kehidupan masa depan, anda pasti melihat gambaran masa depan yang hampir sama, adanya mobil terbang dengan karakter robot manusia yang sudah menjadi icon masa depan di setiap film fiksi, ditambah teknologi-teknologi yang sebatas imajinasi hingga kini.

Selain itu, banyak film yang memprediksikan kejadian itu terjadi di abad ke-21. Film 2001: 'Space Odyssey' (1968) bahkan menyebut bepergian ke luar angkasa ramai dilakukan di tahun 2001. Kita sudah melampaui 10 tahun pertama abad ke-21. Tapi di jalanan belum ada mobil terbang atau robot jadi pembantu di rumah kita. Mungkinkah adaptasi dari film 'I Robot' dan 'Back To The Future' akan terjadi atau hanya sebatas fiksi?

2. Manusia Memakai Baju Yang Seragam
Jerry Seinfield pernah membuat lelucon dengan berkata: “Setiap kali saya melihat film atau serial TV berisi orang di masa depan atau dari planet berbeda, semuanya pakai baju yang sama. Sepertinya, ada suatu saat mereka memutuskan, ‘Baiklah, cukup. Mulai dari sekarang, baju ini akan jadi seragam kita: baju ketat warna perak dengan tanda V di dada dan sepatu bot. Itu sudah cukup. Kita ingin pergi ke planet lain dan mesti terlihat sebagai satu tim.

Di serial TV dan film-film 'Star Trek', 'Battlestar Galactica', atau berbagai film tentang penjelajahan luar angkasa, semua orang mengenakan seragam yang sama, atau kalaupun beda warna maka motif busananya tetap sama. Sepertinya semua orang di masa depan mendapat perintah untuk membuang semua baju di lemari mereka dan hanya punya satu jenis baju yang sama dengan setiap orang. Untungnya saat ini kita masih ingin terlihat berbeda dari orang lain dan lebih nyaman memakai pakaian dengan motif dan style favorite sendiri.

3. Mesin Jet Packs
Jet Packs adalah semacam kendaraan terbang yang difungsikan mirip tas punggung. Awalnya, ide ini muncul tahun 1920-an di majalah fiksi ilmiah seperti 'Amazing Stories' dan lalu muncul lagi di salah satu film James Bond 'Thunderball' dan komik yang dibuat film 'The Rocketeer'.

Tahukah anda, Nazi Jerman pernah serius melakukan penelitian dengan mengikatkan mesin jet ke tubuh para pilot mereka lalu mencoba terbang di atas lapangan. Tapi percoban itu tak pernah betul-betul berhasil. Namun impian membuat jet packs tersebut tidak pernah pudar. Beberapa waktu yang lalu, sebuah perusahaan pembuat pesawat di Selandia Baru Martin Aircraft Company menandatangani kesepakatan kerja sama senilai $12 juta untuk mulai membuat jet packs dan akhirnya nanti akan dijual bebas. Kalau Jet Packs ini menjadi nyata dan digunakan sebagai kendaraan umum, tampaknya Indonesia perlu memilikinya untuk mengurangi kemacetan.

4. Makanan Dalam Bentuk Pil
Makanan di masa depan diramalkan akan muncul dalam bentuk pil. Sekali makan pil, sudah kenyang. Hal ini sulit jadi kenyataan karena rata-rata setiap orang butuh 2 ribu kalori sehari. Jika kalori dipadatkan dan jadi sebutir pil, kita tetap harus menelan setengah pon pil sehari. Itu belum termasuk karbohidrat, protein, dan vitamin-vitamin yang berguna lainnya.

Tentu masih lebih nikmat mencicipi seiris pizza atau daging bakar. Kendati begitu, bukan berarti mimpi makan semacam pil sirna. Peneliti di Institute of Food Research di Norwich, Inggris, mengatakan mereka sedang dalam tahap akhir mencipta permen yang rasanya seperti makanan instan.

5. Pemerintahan Dunia
Di banyak serial TV atau film fiksi ilmiah mulai dari Star Trek, Babylon 5, dan macam-macam lagi, dunia tak lagi terdiri dari berbagai negara, tapi ada satu pemerintahan tunggal yang memerintah seluruh manusia di bumi.

Pemerintahan itu bisa berwujud Federasi, Pesekutuan, atau bahkan PBB. Bagaimana pemerintahan dunia muncul? Robert Heinlein, yang menulis novel 'Starship Troopers' yang kemudian difilmkan 1997, memberi penjelasan bagaimana satu pemerintahan dunia tercipta.

Pemerintahan global Terran Federation tercipta setelah banyak negara demokratis jatuh pada kekacauan pada abad ke-21, yang kemudian memberi kesempatan militer mengambil alih dan mendirikan negara tunggal di dunia. Wah, bisa gawat kalau kejadian.

6. Mobil Terbang
Mobil terbang adalah gambaran paling umum dari sebuah dunia masa depan. Dalam film fiksi ilmiah rata-rata kota masa depan dipenuhi mobil-mobil terbang yang ramai seperti jalan raya. Budaya pop, lewat film, komik, serial TV, melanggengkan gambaran itu. Serial 'The Jetsons', 'Back to the Future', 'Blade Runner', hingga 'The Fifth Element' menampilkan mobil-mobil terbang dengan beragam bentuk dan cara kerja.

Seharusnya mobil terbang tidak terlalu sulit terwujud. Kita sudah punya mobil dan pesawat terbang. Lalu, apa susahnya membuat mobil terbang? Apakah sulit membangun mesin terbang dengan kapasitas sebuah mobil? Kita tunggu saja kalau mungkin akan terwujud.

7. Perjalanan Melintasi Waktu
Kita sudah mendengar berkali-kali bahwa perjalanan waktu dimungkinkan, lewat karya sastra 'The Time Machine', lewat film 'Back to the Future', 'Bill and Ted’s Excellent Adventure', lewat acara TV 'Quantum Leap', 'Time Trax', 'Doraemon', sampai cerita mengenai sosok dari masa depan 'Jhon Titor' dan lain sebagainya. Tapi hingga kini konsep jalan-jalan ke masa lalu atau masa depan masih fiksi dan belum ada cetak biru dari teknologi yang memungkinkan hal tersebut. Mungkinkah kita dapat merubah pola kehidupan jika perjalanan waktu itu terealisasi?

8. Teleportasi
Pasti asyik bisa berpindah tempat dalam sekejap dari satu tempat ke tempat lain. Kita tidak butuh mobil, pesawat, atau kendaraan lain, dan tentu akan sangat menghemat waktu. Masalah kemacetan Jakarta sirna bila kita bisa menemukan teknologi ini. Tapi sayang, teknologi ini hingga sekarang masih fiksi alias baru ada di serial 'Star Trek' dan animasi-animasi kartun 3D lainnya.

Walau masih fiksi, langkah mewujudkannya tengah digagas. Sejumlah fisikawan dan bahkan Angkatan Udara Amerika Serikat meneliti apa manusia bisa berpindah tempat lewat semacam lubang cacing. Kalau menjadi kenyataan maka patut diapresiasi, asal jangan terjadi kasus satu tubuh berpindah terpisah ke dua tempat yang berbeda.

9. Kota Bawah Laut
Selain luar angkasa yang tanpa batas, lautan yang dalam juga memberi misteri serupa. James Cameron membuat 'The Abyss' yang mengandaikan di dasar laut tinggal alien. Para pembuat film era lampau punya ide lebih segar: 'Kota Bawah Laut!' Film-film kelas B era 1950-an mengandaikan tokohnya tinggal bersama makhluk-makhluk amfibi manusia yang bernafas dengan insang dan tinggal di kota indah bawah laut.

Dengan naiknya permukaan laut seiring pemanasan global, kita seharusnya memikirkan membangun kota bawah laut. Kota bawah laut memang belum ada, yang sudah ada hotel mewah di Dubai menawarkan sensasi makan malam di bawah laut.

10. Manusia Cyborg
Setengah manusia, setengah mesin. Itulah cyborg alias Cybernetic Organism. Istilah ini muncul 1960-an dan terkenal tahun 1970-an lewat serial 'The Six Million Dollar Man'. Di serial itu, setelah jadi setengah mesin, Steve Austin jadi “Better, Stronger, Faster”. Juga ramai terdapat dalam film 'Terminator' dimana robot memiliki fisik manusia dengan luka yang bisa sembuh.

Saat ini sudah ada sejumlah manusia yang bagian tubuhnya diganti mesin, misalnya tangan mesin pengganti tangan yang hilang karena kecelakaan. Tapi, belum ada yang lantas jadi punya kekuatan super seperti Bionic Man, Bionic Woman, atau Robocop.

Jika nanti jadi nyata, apa ada jaminan kekuatan super Cyborg hanya dipakai untuk kebaikan?

11. Dunia Yang Hancur Karena Bencana Besar
Sudah banyak film fiksi ilmiah meramalkan dunia masa depan bisa jadi suram. Bencana nuklir membinasakan miliaran manusia dan bumi tak lagi akrab untuk ditinggali, perubahan cuaca yang drastis disertai mencairnya gunung es terbesar menciptakan abad water world. Atau, polusi yang demikian parah membuat bumi begitu rusak dan perlu dicari planet baru untuk mencegah punahnya kehidupan manusia.

Film-film 'Mad Max', 'The Road', 'Terminator', 'Wall-E', 'The Day After Tomorrow', 'Pandorum', '2012', dan lain sebagainya sudah memprediksikan hal itu. Beruntung prediksi masa depan tersebut belum terjadi dan semoga saja tidak.

2 komentar:

Assalamu'alaikum Sahabat Blogger! Sebelum berkomentar bacalah ketentuan berikut ini:
✓ Berikanlah komentar yang sopan dan relevan
✓ Berikanlah komentar yang sesuai dan berkorelasi dengan materi artikel
✓ Dilarang memasukkan komentar dengan link aktif
✓ Dilarang memasukkan komentar Follow/Follback bukan pada tempatnya. Jika ingin saling Follow/Follback masuk KESINI
Terima kasih dan semoga hari anda menyenangkan!