Piranti masukan (input device) adalah semua periferal atau perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali kedalam suatu sistem pemrosesan informasi. Simpelnya, perangkat input merupakan perangkat atau hardware dimana pengguna komputer (brainware) melakukan perintah yang kemudian perintah tersebut diproses oleh perangkat input untuk direalisasikan kedalam sistem informasi komputer.
No |
Komponen Input |
Fungsi |
Gambar |
1 |
Keyboard |
Memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file |
|
2 |
Mouse |
Untuk menggerakkan pointer atau kursor pada desktop sehingga dapat digunakan memilih file atau sebagai perintah praktis dalam menjalankan program |
|
3 |
Scanner |
Memindai dan mengambil cetakan dari gambar, foto, ataupun tulisan dalam media kertas yang kemudian hasilnya akan ditampilkan melalui komputer untuk diolah atau diproses kembali dalam komputer |
|
4 |
Light-Pen |
Sebagai pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar, langsung diatas screen (monitor) sehingga lebih mudah menyesuaikan perintah dibanding dengan menggunakan Mouse |
|
5 |
MIC |
Memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer |
|
6 |
Joy Stick |
Menggerakan kursor dalam komputer seperti dalam Mouse atau sebagai controller dalam game agar user bisa leluasa menggerakan dan mengontrol object sesuai kehendak |
|
7 |
Barcode |
Menyimpan suatu kode yang berbentuk garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka |
|
8 |
Track-Ball |
Untuk menggerakkan pointer atau kursor pada desktop dengan menggunakan sejenis bola yang digerakkan dengan jari |
|
9 |
Touch-Pad |
Untuk menggerakkan pointer atau kursor pada desktop dengan menyentuh komponen menggunakan jari |
|
10 |
Digital Camera |
Menangkap object secara fisik dan memprosesnya dalam komputer |
|
11 |
Grapich-Pad |
Menggerakkan perintah menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), sehingga kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll |
|
12 |
PC Video Camera |
Menangkap object secara fisik dalam bentuk gambar maupun video dan memasukkan atau memprosesnya kedalam komputer |
|
13 |
Games Paddle |
Menggerakan kursor dalam komputer seperti dalam Mouse atau sebagai controller dalam game agar user bisa leluasa menggerakan dan mengontrol object sesuai kehendak |
|
Perangkat Output
Piranti keluaran (output device) atau perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan dalam layar, hasil cetakan, suara, dan sebagainya.
No |
Komponen Output |
Fungsi |
Gambar |
1 |
Monitor |
Untuk menampilkan gambar, film, dan tulisan dalam bentuk screen di layar |
|
2 |
Printer |
Menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas |
|
3 |
Speaker |
Mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput |
|
4 |
Plotter |
Menghasilkan output komputer berupa gambar/grafik dengan berbagai bentuk gambar yang dicetak berukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi |
|
5 |
Headphone |
Fungsinya sama dengan speaker yaitu mengubah sinyal elektrik kebentuk suara |
|
6 |
TV Turner |
Menonton TV dalam layar monitor |
|
sangat lengkap informasinya.
BalasHapusThnkz sob, semoga bermanfaat ...
Hapusterimakasih halamanya sangat membatu
BalasHapusmakasih sudah share
BalasHapusmesin pemisah lcd touch